Jurnal Publikasi STMIK Pontianak
Inovasi Pembelajaran Melalui Kuis Beranimasi: pelatihan Penggunaan Canva untuk Guru SMKN 5 pontianak |
Abstrak Di era digital saat ini, metode pembelajaran konvensional semakin ditinggalkan karena kurang menarik minat siswa yang lebih responsif terhadap teknologi dan media visual. Hal ini menantang tenaga pendidik, terutama di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), untuk menghadirkan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Berdasarkan studi, media interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, namun banyak pendidik yang belum memiliki keterampilan dalam memanfaatkan teknologi untuk menciptakan media pembelajaran inovatif. Pelatihan "Inovasi Pembelajaran melalui Kuis Beranimasi" yang dilaksanakan di SMK Negeri 5 Pontianak bertujuan untuk membekali pendidik dengan keterampilan membuat kuis interaktif menggunakan aplikasi Canva. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan kompetensi digital pendidik. Program ini mencakup tiga tahap: pengenalan materi berbasis AI, simulasi pembuatan kuis animasi, dan praktik langsung. Meskipun pelatihan berjalan lancar, beberapa kendala muncul terkait penggunaan smartphone. Evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap materi yang diajarkan, terutama dalam pentingnya memberikan elemen yang menarik dan pemahaman cara mengkombinasikan dengan visual-audio. |
Jurnal Publikasi STMIK Pontianak By Susanti Margaretha Kuway, Madhiyono
DOWNLOAD PDF