Jurnal Publikasi STMIK Pontianak

Interaktivitas Faktor Pada Bauran Pemasaran Terhadap Repurchase Intention Pada Café di Pontianak


Abstrak:

Bauran pemasaran merupakan faktor strategis yang berguna bagi bisnis dalam menentukan strategi hingga evaluasi bisnis. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji faktor 4p (product, price, place, promotion) tersebut secara simultan dan mengisi celah penelitian empiris dengan menyelidiki hubungan langsung dan tidak langsung antara faktor 4p terhadap satisfaction dan repurchase intention. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan teknik SEM dengan menarik sampel dari 152 responden café di Pontianak. Hasil pengujian hubungan langsung menunjukkan bahwa product dan promotion tidak signifikan memengaruhi satisfaction, tetapi price dan place signifikan secara statistik dengan tingkat kepercayaan 95%. Sedangkan repurchase intention dipengaruhi langsung oleh faktor 4p dan hanya price dan place yang signifikan melalui hubungan mediasi yang terjadi melalui satisfaction. Pengujian menunjukkan bahwa bagi konsumen yang sudah menjadi langganan, faktor price dan place lebih penting dibanding product dan promotion dalam memengaruhi repurchase intention. Hasil teruji dengan model penelitian berhasil menjelaskan varians / R2 dari repurchase intention sebesar 48,4%.

Kata Kunci : Marketing Mix, Repurchase Intention.


Jurnal Publikasi STMIK Pontianak By Irawan Wingdes, Harbert Yan Calvin
DOWNLOAD PDF