Jurnal Publikasi STMIK Pontianak

Pemodelan Bisnis Online UMKM Makanan Menggunakan Business Model Canvas


Abstrak:

Persaingan UMKM di bidang kuliner memaksa pelaku bisnis untuk berinovasi agar dapat memaksimalkan keuntungan dan bertahan. Penelitian ini mengambil kasus dari UMKM richsoul.ptk yang bertujuan untuk memperbaiki model bisnis saat ini agar dapat mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk membantu mengidentifikasikan strategi bisnis dimasa yang akan datang. Penelitian menggunakan pendekatan research and development, dengan melakukan studi pendahuluan melalui pengumpulan data dari richsoul.ptk. Hasil dari penelitian ini adalah identifikasi model bisnis yang dilakukan dengan Business Model Canvas, dan rumusan strategi sebagai model bisnis baru yang dapat digunakan oleh richsoul.ptk untuk melakukan pengembangan bisnis. Strategi yang di rekomendasikan berfokus pada strategis optimasi penggunaan media sosial sebagai platform utama yang digunakan richsoul.ptk untuk menjual produknya yang meliputi pembuatan konten instagram, konsistensi dalam melakukan upload konten tersebut, optimasi profil perusahaan, penggunaan tools untuk membantu optimasi akun, strategi closing dengan whatsApp, serta strategi untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.

Kata Kunci : Business Model Canvas, Media Sosial, UMKM, Strategi Bisnis Online.


Jurnal Publikasi STMIK Pontianak By I Dewa Ayu Eka Yuliani
DOWNLOAD PDF