Abstracts:
Abstracts:
Makalah penelitian ini memperlihatkan target hasil pengukuran kinerja aplikasi Electronic
General Ledger System (EGLS) untuk masing-masing perspektif menggunakan metode IT Balanced
Scorecard dengan metode deskriptif analitis. Perspektif tertinggi adalah orientasi masa depan sebesar
24,32%, kedua adalah keunggulan operasional sebesar 24,09%, ketiga adalah orientasi pengguna
sebesar 23,81%, dan terendah kontribusi organisasi sebesar 22,33% dari target masing-masing
perspektif sebesar 25%. Tiga perspektif tidak mencapai target karena kinerja aplikasi belum maksimal
mendukung kinerja karyawannya, dan produktivitas karyawannya belum efektif dan efisien. Perspektif
kontribusi organisasi memperoleh hasil pengukuran terendah karena belum efektifnya penggunaan dana
untuk pengembangan aplikasi EGLS dan realisasi biaya melebihi dari batas anggaran operasionalnya.
Hasil akhir pengukuran kinerja memperlihatkan pencapaian nilai pengukuran sebesar 94,55% dan
berada pada level very good. Untuk meningkatkan perspektif kontribusi organisasi dapat memberikan
pelatihan kepada karyawan secara berkelanjutan agar dapat memaksimalkan kinerja dan daya saing
maupun operasional perbankan dalam memberikan pelayanan kepada nasabah secara berkelanjutan.
Keyword: Pengukuran Kinerja Aplikasi, Deskriptif Analitis, IT Balanced Scorecard
|