Jurnal Publikasi STMIK Pontianak
Internet dan Strategi Bisnis dalam Era Ekonomi Digital |
Abstrak Sekarang ini, memahami teknologi informasi khususnya internet adalah penting bagi manajer bisnis karena merupakan bagian dari pekerjaan setiap manajer. Manajer-manajer pada tahun 1990-an harus memberikan kontribusi mereka pada organisasi, dan mereka harus menguasai internet sehingga mereka bisa memimpin satu sama lain untuk mengerjakan hal yang sarna. Sekarang ini, organisasi dituntut efisiensi dan efektivitas tinggi, dengan merrifasilitasi infrastruktur internal mereka dengan teknologi informasi. Ini merupakan tempat kerja manajer yang baru. Jika seorang manajer tidak mengerti akan hal ini, atau tidak bisa bekerja efektif dalam lingkup tersebut, mereka akan ketinggalan. Internet sangat penting dalam memformulasikan dan mencapai strategistrategi perusahaan, untuk meningkatkan kegiatan bisnisnya. Bagaimanapun, lebih dari sekedar alat bisnis baru untuk dipelajari dan dikuasai. Evolusinya telah menciptakan suatu kekuatan bisnis independen untuk diketahui dan diperhitungkan. implementasi internet bisa menjadi peluang bisnis dan manajemen baru. la mengubah struktur industri dan aturan kompetisi. la berpotensi menjadi senjata strategis, sedikitnya dalam empat cara : menguatkan keunggulan kompetitif, meningkatkan produktivitas dan performa, membuat cara baru dalam mengatur dan mengorganisasi, dan membangun bisnis baru. Untuk menguatkan semua nilai-nilai ini melebihi pesaingnya, suatu perusahaan harus melakukan aktivitas-aktivitas yang disebut value chain analysis untuk membuat biaya lebih rendah atau mengerjakannya dalam suatu cara yang membuat beda dan memiliki "nilai premium”. Kata kunci : internet, strategi bisnis, value chain analysis, keunggulan kompetitif, ekonomi digital. |
Jurnal Publikasi STMIK Pontianak By SANDY KOSASI, SUSANTI MARGARETHA KUWAY, dan UTIN KASMA
DOWNLOAD PDF