Jurnal Publikasi STMIK Pontianak

Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Produk Provider


Abstrak:

Penelitian terhadap brand equity terhadap keputusan pembelian pada produk provider bagi pengguna internet. Brand equity berhubungan dengan brand awareness, brand associations, perceived quality, and brand loyalty terhadap keputusan pembelian. Bentuk penelitian kausalitas, metode penelitian secara kuantitatif dengan pendekatan regresi linier berganda. Teknik sampling yaitu snowball. Angket tersebar sebanyak 100 dan yang kembali sebanyak 77 lembar. Diberikan satu jawaban terbuka untuk menentukan provider prabayar yang digunakan oleh responden. Tiga provider yaitu Telkomsel, Indosat dan XL Axiata. Terdapat 18 item pertanyaan pada varibel bebas, dan variabel tetap 7item pertanyaan. Regresi linier berganda dan uji OL, aplikasi SPSS v. 23.00. Hasil tabulasi data diperoleh pria 48 orang (62.34%), wanita 29 orang (37.67%). Status kependudukan 56 orang (72.73%) karyawan, 21 orang (27.27%) pelajar/mahasiswa. Secara simultan nilai Fhitung 39.312 dan Ftabel 5.70 berarti terdapat pengaruh yang signifikan. Secara parsial diperoleh nilai thitung berada pada -1.894, nilai X2 thitung 0.529, X3 dan X4 memiliki hasil signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai X3 thitung 8.632, X4 nilai thitung 16.020, terhadap nilai ttabel 1.671. Sehingga hasil tabulasi data menyimpulkan bahwa brand equity yang berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu perceived quality (X3) dan brand loyalty (X4). Memiliki kecenderungan yang lebih besar terhadap keputusan yang dilakukan oleh konsumen ketika melakukan pembelian produk provider.

Kata Kunci : Brand Equity, Keputusan Pembelian, provider, Regresi Berganda.


Jurnal Publikasi STMIK Pontianak By Diana Fitriani
DOWNLOAD PDF