Jurnal Publikasi STMIK Pontianak
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Dasar Bilingual |
Abstrak: Sistem pendukung keputusan pemilihan sekolah bilingual memiliki tujuan untuk membantu orangtua dalam memilih sekolah dasar yang sesuai dengan kebutuhan dalam menyelaraskan pilihan sekolah dengan kebutuhan dan preferensi anak, serta memastikan bahwa sekolah tersebut memberikan lingkungan pendidikan yang mendukung perkembangan akademik dan non-akademik anak secara optimal. Penggunaan metode AHP dalam proses pengambilan keputusan pemilihan sekolah dasar bilingual memungkinkan proses pengambilan keputusan menjadi sebuah model matematika untuk mengevaluasi dan mengukur kriteria dan alternatif pilihan. Biaya sekolah, jarak dengan tempat tinggal, lingkungan fisik sekolah, dan kinerja akademik sekolah merupakan kriteria yang digunakan dalam model keputusan ini, yang kemudian dibandingkan sehingga memperoleh hasil kriteria terpenting dalam pemilihan sekolah dasar bilingual adalah lingkungan fisik sekolah dengan nilai 44,83%, prioritas kriteria selanjutnya biaya sekolah (26,36%), kemudian kinerja akademik sekolah(20,91%), dan diurutan terakhir adalah jarak dengan tempat tinggal (7,90%). Perhitungan total priority value dari alternatif pilihan sekolah dasar bilingual merekomendasikan SD Satu sebagai pilihan pertama untuk sekolah dasar bilingiual karena memiliki skor paling tinggi 43,65%, rekomendasi yang berikutnya adalah SD Dua (30,07%), dan rekomendasi yang terakhir adalah SD Tiga (26,28%).
|
Jurnal Publikasi STMIK Pontianak By I Dewa Ayu Eka Yuliani
DOWNLOAD PDF