Jurnal Publikasi STMIK Pontianak

ANIMATED VIDEO AND CLASS DISCUSSION TO BOOST LEARNERS’ GRAMMAR


Abstrak:

Saat ini integrasi teknologi di setiap aspek kehidupan terutama dalam pendidikan merupakan opsi yang tidak terelakkan, sebaliknya berkembang dengan pesatnya. Video animasi sebagai satu dari media pembelajaran yang diterapkan di penelitian ini dengan tujuan untuk membantu pelajar dalam belajar grammar, khususnya delapan bagian dalam pembelajaran (the eight parts of speech), seperti kata benda, kata ganti, kata kerja, dan lain-lain. Juga diskusi kelas dari video animasi yang ditampilkan. Ketidaktahuan dalam penggunaan the eight parts of speech yang tepat menjadi permasalahan dalam proses belajar bahasa inggris di kelas sistem informasi. Belajar grammar menjadi mudah, komunikatif, dan menarik dalam kontek nyata melalui projek group pembuatan video animasi. Siswa-siswi STMIK Pontianak jurusan sistem informasi menjadi partisipan dalam penelitian ini, mereka dikelompokan menjadi kelompok kecil projek animasi. Penelitian tindakan kelas merupakan riset design karena guru bertanggung jawab untuk mengatasi masalah yang dihadapi siswa-siswi selama belajar, yang dilakukan melalui beberapa siklus. Catatan lapangan (fieldnotes) dan tes merupakan sumber pengumpulan data. Selanjutnya regresi berganda 3 variabel SPSS ver. 25 dipakai untuk mengetahui perbandingan pencapaian di setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan group projek video animasi dan diskusi kelas sungguh secara signifikan membangkitkan minat dan keterikatan pelajar dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : Video Animasi; Metoda Pengajaran; Delapan Bagian Pembicaraan; Projek Group; Penelitian Tindakan Kelas Pendahuluan


Jurnal Publikasi STMIK Pontianak By Susanti
DOWNLOAD PDF