Abstracts:
Persaingan bisnis yang semakin ketat tentunya akan berpengaruh pada tingkat penjualan produk. Kebutuhan untuk meningkatkan omset penjualan merupakan tujuan utama sebuah bisnis. 3Dz Collection Pontianak merupakan sebuah bisnis kecil yang bergerak pada penjualan online. Selama ini penjualan dilakukan dengan memanfaatkan account media social yang dimiliki oleh penjual seperti facebook, Instagram dan melalui pesan BlackBerry Messanger (BBM) dan Whatsapp (WA). Terbatasnya jumlah kontak yang ada pada account media social tentunya akan mempengaruhi luasnya pangsa pasar dan omset penjualan. Rendahnya tingkat penjualan produk memaksa 3Dz Collection untuk mengembangkan sistem penjualan agar dapat bersaingan secara kompetitif dengan bisnis lainnya. Penerapan sistem penjualan yang berbasis e-commerce diharapkan dapat membantu 3Dz Collection meningkatkan omset penjualan. Bentuk penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan metode penelitian Research and Development (R&D). Untuk mendukung penelitian ini dibutuhkan data pendukung yang meliputi data primer dan data skunder. Data primer didapatkan dari wawancara dan observasi kegiatan penjualan yang dijalankan pada 3Dz Collections. Data skunder didapatkan dari hasil mempelajari berbagai dokumen penjualan pada 3Dz Collection Pontianak. Dalam proses mengumpulkan data primer dan sekunder penulis merekam proses berlangsungnya wawancara dan memvideokan hasil observasi serta mendokumentasikan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam bentuk foto dengan menggunakan smartphone. Semua itu penulis jadikan sebagai instrumen penelitian. Untuk merancang sistem e-commerce, digunakan metode Rapid Application Development (RAD). Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dan database MySQL. Alat pemodelan system adalah Unified Modeling System (UML) yang meliputi diagram Use Case, Activity, Squence dan Class Diagram. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah sistem penjualan berbasis e-commerce pada 3Dz Collection Pontianak.
Keyword: E-Commerce, R&D, RAD, UML. |