Jurnal Publikasi STMIK Pontianak


Warning: JRequest::getVar(): It is not safe to rely on the system's timezone settings. You are *required* to use the date.timezone setting or the date_default_timezone_set() function. In case you used any of those methods and you are still getting this warning, you most likely misspelled the timezone identifier. We selected the timezone 'UTC' for now, but please set date.timezone to select your timezone. in /home/stmikpon/public_html/jurnal/index.php on line 82

Strict Standards: Non-static method JRequest::getVar() should not be called statically in /home/stmikpon/public_html/jurnal/index.php on line 82

Warning: mysql_connect(): It is not safe to rely on the system's timezone settings. You are *required* to use the date.timezone setting or the date_default_timezone_set() function. In case you used any of those methods and you are still getting this warning, you most likely misspelled the timezone identifier. We selected the timezone 'UTC' for now, but please set date.timezone to select your timezone. in /home/stmikpon/public_html/jurnal/config/db.php on line 3

Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/stmikpon/public_html/jurnal/config/db.php on line 3

Analisis TAM Terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Menggunakan E-money Indomaret Card di Pontianak


Abstracts:

Abstracts: Perkembangan teknologi di berbagai bidang terus berlanjut hingga saat ini dan berdampak terhadap semua industri, termasuk bisnis ritel modern salah satunya Indomaret di Pontianak yang saat ini memfasilitasi transaksi konsumen dengan fitur e-Money. Dengan menggunakan e-Money konsumen bisa memperoleh beberapa keuntungan diantaranya transaksi lebih praktis, mudah, dan cepat, mendapatkan diskon khusus, tidak direpotkan dengan kembalian uang kecil, dan bebas iuran anggota. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen Indomaret menggunakan e-Money dan dapat menjadi masukan bagi pihak manajemen Indomaret di Pontianak untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan e-Money. Kuesioner dibatasi pada konsumen Indomaret di Pontianak sebagai pengguna e-Money yang berada. Penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial ketiga faktor Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Perceived Credibility terbukti mempengaruhi minat konsumen Indomaret menggunakan e-Money. Faktor perceived of usefulness (manfaat) sebagai faktor penarik minat utama konsumen untuk memanfaatkan fasilitas e-Money. Faktor yang menempati urutan kedua adalah faktor perceived ease of use (kemudahan). Sedangkan faktor perceived credibility (keamanan) baru dirasakan oleh konsumen jika e-Money dilengkapi dengan pin dan juga adanya jaminan keamanan selama bertransaksi menggunakan e-Money. Dan secara simultan ketiga faktor tersebut juga memiliki pengaruh yang positif terhadap minat konsumen menggunakan e-Money di Indomaret Pontianak.

 

Keyword: behavioral intention, perceived usefulness, perceived ease of use, and perceived credibility


Jurnal Publikasi STMIK Pontianak By ANA FITRIANA, IRAWAN WINGDES
DOWNLOAD PDF