Jurnal Publikasi STMIK Pontianak


Warning: JRequest::getVar(): It is not safe to rely on the system's timezone settings. You are *required* to use the date.timezone setting or the date_default_timezone_set() function. In case you used any of those methods and you are still getting this warning, you most likely misspelled the timezone identifier. We selected the timezone 'UTC' for now, but please set date.timezone to select your timezone. in /home/stmikpon/public_html/jurnal/index.php on line 82

Strict Standards: Non-static method JRequest::getVar() should not be called statically in /home/stmikpon/public_html/jurnal/index.php on line 82

Warning: mysql_connect(): It is not safe to rely on the system's timezone settings. You are *required* to use the date.timezone setting or the date_default_timezone_set() function. In case you used any of those methods and you are still getting this warning, you most likely misspelled the timezone identifier. We selected the timezone 'UTC' for now, but please set date.timezone to select your timezone. in /home/stmikpon/public_html/jurnal/config/db.php on line 3

Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/stmikpon/public_html/jurnal/config/db.php on line 3

Analisis dan Segmentasi Psikografis Pengguna MudaECommerce di Pontianak


Abstracts:

Abstracts: E-commerce mengalami pertumbuhan sangat pesat di Indonesia. Transaksi yang tinggi disertai jumlah penduduk yang banyak menjadikan Indonesia pasar e-commerce yang sangat menjanjikan. Pengeluaran untuk pemasaran khususnya di bidang digital juga mengalami pertumbuhan yang sangat tinggi. Seiring pertumbuhan jaringan internet di Indonesia, persebaran pengguna e-commerce menyebar dari pulau Jawa ke daerah-daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengelompokkan segmen pengguna e-commerce di Pontianak dengan alat ukur psikografis. Psikografis telah lama digunakan sebagai alat untuk segmentasi pasar sehingga layanan perusanaan lebih terfokus dan segmen yang tidak terjangkau oleh demografi dapat dilengkapi oleh psikografi. Alat ukur psikografis yang digunakan dalam penelitian ini adalah value and lifestyle dan list of values. Analisis faktor eksploratif dilakukan dan hasil penelitian membagi pengguna muda menjadi lima faktor psikografis yaitu faktor fashion, prakarya, logika/intelek, kepercayaan/agama dan dominan menggunakan VALS. Sedangkan untuk LOV, pengguna dibagi menjadi faktor keamanan dan pembuktian diri. Dari hasil analisis cluster didapatkan bahwa faktor kepercayaan / agama, keamanan, dan pembuktian diri menjadi faktor yang sangat penting bagi pengguna muda ecommerce di Pontianak.

 

Keyword: E-commerce, segmentasi, psikografis, analisis faktor, cluster


Jurnal Publikasi STMIK Pontianak By IRAWAN WINGDES
DOWNLOAD PDF