Jurnal Publikasi STMIK Pontianak


Warning: JRequest::getVar(): It is not safe to rely on the system's timezone settings. You are *required* to use the date.timezone setting or the date_default_timezone_set() function. In case you used any of those methods and you are still getting this warning, you most likely misspelled the timezone identifier. We selected the timezone 'UTC' for now, but please set date.timezone to select your timezone. in /home/stmikpon/public_html/jurnal/index.php on line 82

Strict Standards: Non-static method JRequest::getVar() should not be called statically in /home/stmikpon/public_html/jurnal/index.php on line 82

Warning: mysql_connect(): It is not safe to rely on the system's timezone settings. You are *required* to use the date.timezone setting or the date_default_timezone_set() function. In case you used any of those methods and you are still getting this warning, you most likely misspelled the timezone identifier. We selected the timezone 'UTC' for now, but please set date.timezone to select your timezone. in /home/stmikpon/public_html/jurnal/config/db.php on line 3

Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/stmikpon/public_html/jurnal/config/db.php on line 3

Analisis Kematangan Tata Kelola Teknologi Informasi Dalam Bisnis Pemasaran Online


Abstracts:

Abstracts: Ketersediaan dan kesiapan teknologi informasi dalam bisnis pemasaran online melalui teknologi media sosial sangat bergantung kepada kehandalan dari tata kelola teknologi informasinya. Penyediaan layanan informasi penting untuk menjamin bisnis pemasaran online dapat beroperasi dengan lancar dalam melakukan proses transformasi transaksi bisnis. Tujuan penelitian untuk mengetahui kesenjangan dan merekomendasikan tata kelola teknologi informasi dari perspektif implikasi manajerial untuk keterkaitan antar proses dari setiap objektif kontrol dari domain DS (Deliver and Support). Responden penelitian diambil sebanyak 35 perusahaan pemasaran online di Kalimantan Barat dengan teknik purposive sampling menggunakan kerangka kerja COBIT 4.1. Hasil penelitian memperlihatkan nilai kesenjangan kematangan saat ini yang terendah ada pada proses DS4 (memastikan layanan berkelanjutan)yaitu 2,256. Tata kelola teknologi informasi DS4 memiliki hubungan keterkaitannya yaitu masukan objektif kontrol terdiri dari PO2, PO3, PO9, AI2, DS1 dan hasil objektif kontrol terdiri dari DS8; DS7; ME1; AI6; PO9; DS11. Meningkatkan nilai kematangan pada proses DS4 juga harus bersamaan dengan proses seperti DS1, DS2, DS5 dan DS8. Semua proses membutuhkan koordinasi secara akurat dalam rangka memperbaiki kesenjangan untuk mencapai pada tingkat ditetapkan (define).

 

Keyword: Tata Kelola Teknologi Informasi, Delivery and Support, Nilai Kematangan, COBIT 4.1.


Jurnal Publikasi STMIK Pontianak By SANDY KOSASI
DOWNLOAD PDF