Abstracts:
Abstracts:
Sosial media untuk pembelian atau transaksi mengalami pertumbuhan sangat pesat di Indonesia. Transaksi yang tinggi disertai jumlah penduduk yang banyak menjadikan Indonesia pasar yang sangat menjanjikan. Pengeluaran untuk pemasaran khususnya di bidang digital juga mengalami pertumbuhan yang sangat tinggi sehingga segmentasi yang tepat akan mengefisienkan usaha pemasaran perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengelompokkan segmen pengguna sosial media untuk pembelian di Pontianak dengan alat ukur psikografis. Psikografis telah lama digunakan sebagai alat untuk segmentasi pasar sehingga layanan perusahaan lebih terfokus dan segmen yang tidak terjangkau oleh demografi dapat dilengkapi oleh psikografi. Value and lifestyle dan list of values digunakan pada penelitian ini. Analisis faktor eksploratif dilakukan dan hasil penelitian berhasil membagi pengguna muda menjadi tujuh karakter faktor psikografis pengguna sosial media untuk pembelian di Pontianak. Ketujuh karakter tersebut adalah agama, fashion kreatif, pembelajar, pemimpin fashion, prakarya, kesenangan dan sosial, pencapaian diri dan keamanan. Faktor psikografis merupakan indikator penting selain demografi agar pemasaran lebih tepat sasaran dan biaya.
Keyword: sosial media, segmentasi, psikografis.
|