Abstracts:
Abstracts:
Makalah penelitian ini memperlihatkan nilai pengukuran orientasi masa depan sebesar
23,85%, orientasi pengguna sebesar 23,81%, kontribusi organisasi sebesar 23,57%, dan
keunggulan operasional sebesar 18,84% menggunakan IT BSC. Penelitian berbentuk survei
menggunakan metode deskriptif analitis. Tujuan penelitian untuk mengetahui sejauhmana
kontribusi dan pemanfaatan melalui investasi aplikasi TI dalam menunjang kebutuhan sistem
informasi karyawan. Hasil akhir pengukuran memperlihatkan orientasi masa depan memiliki
selisih nilai 1,15%. Menandakan sudah ada sinkronisasi tujuan strategi bisnis dan
keselarasannya dengan strategi divisi TI. Sementara nilai perspektif terendah ada pada
keunggulan operasional dengan selisih nilai 6,16%. Menandakan kelayakan sistem informasi
karyawan belum dapat beroperasi dengan lancar dan menunjang kegiatan operasional.
Kualitas informasi dan keamanan sistem informasi membutuhkan pemeliharaan lebih lanjut.
Kualitas dalam menyediakan informasi karyawan masih memiliki keterbatasan dengan
sejumlah kendala dalam mengorganisasikan kepemilikan sistem secara tepat. Penelitian ini
dapat dilanjutkan dengan menggabungkan tata kelola TI dalam memenuhi kesesuaian dan
sinkronisasi sasaran strategis dan kondisi aktual dari setiap organisasi bisnis Credit Union.
Keyword: Pengukuran Kinerja, Sistem Informasi Karyawan, IT Balanced Scorecard |