Jurnal Publikasi STMIK Pontianak

Permainan Papan Strategi Menggunakan Algoritma Minimax


Abstracts: Algoritma minimax merupakan algoritma yang digunakan untuk menentukan pilihan dengan tujuan memperkecil kemungkinan kehilangan nilai maksimal komputer. Prinsip dasar pada algoritma minimax ini adalah jalur yang akan dipilih merupakan jalur maksimum (max node) yang akan menghasilkan nilai maksimun di jalur tersebut, dan saat lawan yang akan bermain akan meminimalkan (min node) nilai komputer. Tujuannya untuk memaksimalkan kemungkinan nilai paling rendah yang akan diperoleh komputer menggunakan teknik depth-first search. Melalui teknik ini penelusuran pohon permainan akan dilakukan hingga Depth-First Search menemukan goal state atau telah selesai menelusuri keseluruhan pohon permaianan. Hasil peneliltian menunjukkan algoritma minimax ini akan berganti giliran memainkan giliran pemain dan kemudian memilih nilai yang paling kecil (min) yang merupakan gerakan terbaik yang dilakukan pemain. Hasil pengujian memperlihatkan algoritma minimax mampu menganalisis segala kemungkinan posisi permainan untuk menghasilkan keputusan terbaik. Ketika algoritma minimax digunakan untuk memproses data dengan ukuran memasukan yang besar, karena proses untuk membangun pohon pencarian dengan algoritma ini memiliki kompleksitas algoritma ekponensial.

 

Keyword: Permainan Papan Strategi, Algoritma Minimax, Depth-First Search


Jurnal Publikasi STMIK Pontianak By SANDY KOSASI
DOWNLOAD PDF